Friday, November 30, 2018

Platform Aplikasi Pembuat Game


3.2 Platform Aplikasi Pengembangan Game




Dengan kemajuan Ilmu Teknologi pada zaman ini, banyak sekali Platform Aplikasi yang dapat membuat sebuah aplikasi termasuk Game.  Platform ialah kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras dengan sebuah kerangka kerja perangkat lunak (termasuk kerangka kerja aplikasi), dalam video game disini platform ialah sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video. Platform untuk Video Game berupa komputer pribadi dan konsol permainan seperti Arcade, Game Boy, PlayStation (PS2/P3/PS4), Xbox 360, Nintendo Wii, PC (Komputer), game online hingga game Android.

Nah apa aja si Platform Aplikasi untuk pengembangan dan pembuatan game ? Saya akan menyebutkan beberapa Platform Aplikasi yang dapat melakukan itu, 
diantaranya :

      · Unity 


Aplikasi unity 3D adalah game engine merupakan sebuah software pengolah gambar, grafik, suara, input, dan lain-lain yang ditujukan untuk membuat suatu game, meskipun tidak selamanya harus untuk game. Contohnya adalah seperti materi pembelajaran untuk simulasi membuat SIM. Kelebihan dari game engine ini adalah bisa membuat game berbasis 3D maupun 2D, dan sangat mudah digunakan.

Unity merupakan game engine yang ber-multiplatform. Unity mampu di publish menjadi Standalone  (.exe), berbasis web, berbasis web, Android, IoS Iphone, XBOX, dan PS3. Walau bisa dipublish ke berbagai platform, Unity perlu lisensi untuk dapat dipublish ke platform tertentu. Tetapi Unity menyediakan untuk free user dan bisa di publish dalam bentuk Standalone (.exe) dan web. Untuk saat ini Unity sedang di kembangkan berbasis AR (Augment Reality).

Bahasa pemrograman yang dipakai oleh Unity anatara lain, C# (C Sharp), Javascript, dan Boo.

      ·  Unreal Engine


Unreal Engine adalah sebuah game engine yang dikembangkan oleh Epic Games, pertama kali dipamerkan pada tahun 1998 first-person shooter permainan Nyata. Meskipun terutama dikembangkan untuk first-person shooters, telah berhasil digunakan dalam berbagai genre lainnya, termasuk siluman, Mmorpg, dan lain Rpg. Dengan kode yang ditulis dalam C++, Unreal Engine memiliki tingkat tinggi portabilitas dan alat yang digunakan oleh banyak pengembang game hari ini.



Sumber :

No comments:

Post a Comment