Tuesday, March 19, 2019

PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM BIDANG PENDIDIKAN


Pengertian Sistem Informasi Manajemen 


Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen (SIM) ? Pengertian Sistem Informasi Manajemen adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.
Pada intinya, sistem informasi manajemen dalam bisnis atau perusahaan bertujuan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan hingga menganalisa informasi dan kemudian disebarkan untuk tujuan yang spesifik.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Penerapan manajemen sistem informasi memiliki beberapa tujuan dan fungsi yaitu:

      ·         Pengumpulan data dapat menyediakan informasi yang bisa mendukung pengambilan          keputusan.

      ·         Informasi berguna dalam perencanaan, pengendalian, evaluasi dan juga perbaikan            lanjutan.

      ·         Sitem informasi bisa dipergunakan sebagai dasar untuk perhitungan harga produk,         jasa maupun untuk tujuan lainnya sesuai yang diinginkan manajemen.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Manajemen sistem informasi memiliki fungsi utama, diantarannya:

      ·         Mempermudah manajer untuk merencanakan, mengawasi, mengarahkan dan                      mendelegasikan pekerjaan kepada semua anggota tim melalui hubungan satu                    komando atau koordinasi.
      ·         Data yang tersaji menjadi lebih efektif dan efisien serta lebih akurat dan tepat            waktu.

      ·         Dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas namun                        menurunkan biaya organisasi.

      ·         Melalui sistem kerja yang terkoordinir dengan baik dan sistematis dapat                        meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Sistem Informasi Manajemen dalam bidang Pendidikan


Sistem informasi dalam dunia pendidikan memiliki peran penting, diantaranya ;

1. Mendukung proses dan operasional pendidikan
Sistem Informasi dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses dan operasional sekolah/kampus dengan berbagai macam fungsi, dapat dicontohkan berbagai macam Sistem Informasi yang sering digunakan, diantaranya adalah :

      ·         E-Learning untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran

      ·         E-Library untuk mendukung proses belajar dan mencari bahan ajar
     
·        
SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) untuk mendukung kegiatan akademik
     
·        
SIMS (Sistem Informasi Manajemen Sekolah) untuk mendukung sistem manajemen        yang ada di sekolah.
     
·        
Website untuk menyampaikan berita kegiatan dan aktifitas di sekolah/kampus                kepada masyarakat umum.

2. Mendukung proses pengambilan keputusan
Dengan Sistem Informasi dapat dikumpulkan sejumlah informasi dengan mudah, sehingga Kepala Sekolah/Pimpinan dapat mengambil sejumlah kebijakan penting. Sebagai contoh, pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Sekolah untuk membuat jadwal kegiatan pembelajaran sesuai dengan jumlah pengajar dan jumlah kelas yang tersedia.

3. Dukungan strategi untuk keunggulan kompetitif
Dengan adanya Sistem Informasi di bidang pendidikan, menjadikan organisasi sekolah/kampus dapat lebih bersaing, meningkatkan kualitas serta pelayanan kepada masyarakat dan mampu bersaing dengan dunia global.

Teknologi yang memiliki pengaruh sangat besar adalah teknologi jaringan komputer dan internet, sebab dengan adanya teknologi internet memungkinkan sistem informasi sekolah diakses dimana saja dan kapan saja selama terjangkau oleh jaringan internet. Internet sebagai sumber bahan ajar guru dan sumber belajar siswa. Teknologi Cloud computing, teleconference, chatting, e-learning, SIAKAD, website informasi sekolah, semuanya tidak dapat dilakukan tanpa adanya teknologi jaringan komputer dan internet.

Dengan adanya Sistem Informasi Manajemen (SIM) didalam dunia pendidikan, akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia pendidikan khususnya di Indonesia, agar data yang diterima oleh lembaga pendidikan akan semakin cepat.


Sumber :

4 comments:

  1. Apakah di negara kita sudah dapat diterapkan secara keseluruhan dan merata?

    ReplyDelete
  2. Peran penting dari manajemen ternyata sangat penting dalam kehidupan sehari-hari,baik dalam akademik maupun non akademik.Blognya sangat membantu

    ReplyDelete
  3. beberapa diantaranya memang sudah diterapkan, tapi ada beberapa yg tidak bisa diterapkan dikarenakan keterbatasan suatu elemen... yaa mungkin saja seluruhnya diwujudkan, tapi apakah masyarakat mau menerimanya? lampu merah aja masih diterobos, jalan busway masih diserobot, trotoar di ambil alih motor, dari kasus itu saja sudah bisa dibayangkan... apakah yg terjadi jika semuanya sudah terwujud?

    ReplyDelete
  4. Wowww keren banget.. ga nyangka.. ini blog hebat banget.. lanjut teruss minn ;)

    ReplyDelete