Friday, September 29, 2017

Masuknya Budaya Barat ke Indonesia


Masuknya Budaya Barat ke Indonesia

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh. .

Pada postingan pertama saya, saya akan membahas tentang "Masuknya Budaya Barat". Mungkin di telinga kita sudah tidak asing dengan kata "budaya" barat. Sebelum saya berbicara tentang budaya barat lebih lanjut, apakah kalian mengetahui apa itu budaya ? budaya adalah suatu gaya hidup yang berkembang pada suatu masyarakat, dan diwariskan dari generasi ke generasi. "...Gaya hidup yang berkembang dalam suatu masyarakat.." masyarakat disini berarti sekelompok individu yang membuat suatu sistem kehidupan, dimana terjadi interaksi antar individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.



Setelah mengetahui apa itu kebudayaan, maka bisa disimpulkan Budaya Barat adalah gaya hidup yang berkembang di masyarakat barat dengan interaksi antar penduduknya. Penduduk ialah orang-orang yang hidup dalam suatu wilayah yang terkait oleh hukum-hukum atau peraturan. Budaya barat mulai menyebar melalu banyak sekali media, mulai dari koran-koran, media sosial, televisi, dan iklan. Budaya barat menjadi terkenal karena memiliki inovasi-inovasi yang baru dalam berbagai bidang. Bahkan dalam perkembangan tekhnologi informasi yang sangat pesat ini, tidak menutup kemungkinan jika remaja-remaja kita akan meniru budaya-budaya barat.

Lalu apakah kita bisa menerima semua budaya barat tersebut ? Jawabannya tidak. Kita harus menyaring segala informasi yang kita terima agar tidak terjadi suatu kesalahan. Dari sisi positifnya kita bias melihat bagaimana mereka bisa mengembangkan inovasi-inovasi yang belum ada, dan ada juga sisi negatif yang mungkin bisa kita hindari karena dapat merusak generasi bangsa. Untuk lebih detailnya saya akan meringkas apa saja dampak positif dan dampak negatif dari masuknya budaya barat ke Indonesia.


Dampak Positif 

  • Dapat mempelajari pola pikir, kebiasaan, dan perilaku dari orang-orang asing supaya kita termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi.
  • Kita dapat memperkenalkan budaya kita kepada pihak asing agar dapat dikenal.
  • Memungkinkan terjadinya akulturasi budaya yang dapat memunculkan budaya baru yang unik. 

Dampak Negatif


  • Biasanya sisi negatif inilah yang sangat banyak dirasakan disetiap golongan, baik yang sudah tua ataupun muda.
  • Hilangnya rasa cinta tanah air karena sudah dirusak oleh berbagai macam produk-produk yang datang dari luar dengan brand-brand terkenal.
  • Mulai terkikisnya budaya di Indonesia, dan tergantikan dengan budaya barat karena dianggap lebih menarik.















No comments:

Post a Comment