Tuesday, January 23, 2018

Tugas Soft Skill

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada postingan kali ini, saya akan menjawab pertanyaan soft skill yang ada.

Pertanyaan pertama, “Bagaimana wujud bela negara yang bisa anda lakukan sebagai mahasiswa ?”

Jawab, “Kewajiban membela negara merupakan salah satu prinsip dalam konsep kewargaan aktif (active citizenship), di mana bela negara menjadi tanggung jawab setiap warga untuk bertindak bagi virtue kemaslahatan bersama, dan bukan semata-mata untuk kepentingan individu warga. Dalam kaitan ini, menjadi sangat penting bagi setiap warga untuk benar-benar menyadari dan memahami kewajiban untuk ikut serta pembelaan negara. Menurut saya peran mahasiswa dalam bela negara bisa dari berbagai cara, bisa dari prestasi atau karya yang dihasilkan oleh mahasiswa tersebut. Mahasiswa merupa aset negara yang bertugas mengembangkan dan memajukan wawasan bangsa.

Pertanyaan kedua, “Bagaimana pandangan anda mengenai hukum yang berlaku saat ini di Indonesia ? Apakah sudah berjalan semestinya ?”

Jawab, “Menurut saya, hukum yang berlaku di Indonesia saat ini banyak tetapi masih saja terjadi pelanggaran, pelanggaran terjadi bukan karena peraturan yang begitu ketat, tapi “manusia” itu yang salah (Human Error). Karena setiap kesalahan atau pun terjadinya pelanggaran norma-norma pastinya ada salah satu atau beberapa manusia yang salah, misalnya korupsi di Indonesia. Seorang tahanan korupsi di Indonesia bisa lepas dan bebas dari hukum karena memiliki uang banyak, makanya ia dapat berbuat curang dan hakim mengiyakan saja untuk kebebasan itu. Apakah hukum “Semua setara di mata hukum” itu sudah berjalan dengan semestinya ? Jawabannya BELUM. Mungkin itu hanya contoh yang dapat kita lihat di televisi atau pun di surat kabar atau media sosial yang ada. Masih banyak yang kita tidak ketahui hukum apa saja yang belum berjalan dengan semestinya. Hanya beberapa saja hukum yang sudah berjalan sesuai dengan hukum yang berlaku. Dan moral sangat penting dalam kehidupan ini.

Pertanyaan ketiga, “Berikan salah satu contoh hukum adat yang masih terlihat/berlaku sampai saat ini di sekitar wilayah anda/asal usul anda”


Jawab, “Karena saya orang betawi mungkin hukum adat yang masih berlaku sampai saat ini salah satunya hukum seserahan dalam pernikahan adat betwai yang harus ada roti buaya, dimana roti buaya ini melambangkan kemapanan dan kesetiaan sampai akhir nanti. 

Sumber refrensi :

No comments:

Post a Comment