Friday, January 11, 2019

Demokrasi Digital


4.1 Demokrasi Digital



Pada era digital ini kita sudah mengenal media sosial, dimana kita bisa melihat atau mendengar peristiwa-peristiwa yang terjadi di Negara ataupun Dunia ini. Pada bahasan  ini, kita akan mengenal apa itu “Demokrasi Digital” ? Sebelum mengenal apa itu demokrasi digital, kita harus tau apa itu demokrasi.

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi—baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.

Setelah mengetahui definisi dari demokrasi maka dapat kita artikan, Demokrasi digital adalah istilah baru dalam menjelaskan persilangan relasi antara penggunaan media sosial, pemenuhan representasi dan artikulasi kepentingan, serta penguatan kelas menengah. Maksudnya adalah memanfaatkan Media Sosial untuk mencurahkan semua pendapat kita tentang negara atau kehidupan sosial yang ada disekitar kita.






Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Demokrasi
https://kompas.id/baca/x/akhir-pekan/2017/03/11/demokrasi-digital/

No comments:

Post a Comment