Sunday, October 14, 2018

PERBEDAAN ANIMASI DAN SIMULASI DALAM SITUS WEB


    1.3        APAKAH PERBEDAAN DAN BERIKAN CONTOH ANTARA ANIMASI DAN SIMULASI DALAM SITUS WEB
      
     Pada bahasan saya kali ini adalah tentang “Perbedaan antara Animasi dan Simulasi dalam situs web”. Ini masih masuk dalam bahasan New Media, dan lanjutan dari bahasan sebelumnya yang berjudul “Penerapan New Media pada situs web“. Mari kita langsung bahas saja. 

    1.3.1           Perbedaan Animasi dan Simulasi

·         Simulasi

Suatu proses yang ditampilkan atau dipresentasikan dan dapat bergerak sendiri dengan menyiapkan kondisi awal. Hasil dalam simulasi tidak dapat diprediksi tidak dapat diukur dengan persamaan-persamaan yang ada. Dalam penerapannya kita hanya perlu menyiapkan kondisi awal yang nanti akan dilkakukan oleh system.

    Contoh :

Ø  Simulasi rakit PC pada Web



Saya mengambil contoh pada simulasi merakit PC di Website milik Enter Komputer . Dimana pada website ini tersedia fitur merakit sebuah PC dengan cara menentukan komponen-komponen computer yang kita butuhkan. Setelah kita selesai memilih semua komponen yang ada kita juga bisa langsung memesan secara online.

Ø  Game Flight Simulator



Pada game flight simulator, kita berperan sebagai seorang pilot yang akan menerbangkan suatu pesawat terbang. Dalam game ini kita sudah disiapkan beberapa jenis pesawat yang akan diterbangkan dan beberapa cara untuk menerbangkan suatu pesawat.

·         Animasi 

Suatu proses pengolahan gambar menjadi sebuah objek gambar yang bergerak tanpa memperhatikan satuan maupun besaran fisis seperti satuan massa, ukuran tubuh, umur, gravitasi, dsb. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

     Contoh :


Ø  Movie Final Fantasy XV : Kingsglaive



Dimana film Final Fantasy XV : Kingsglaive sendiri diadaptasi dari seri game Final Fantasy. Ini merupakan film yang bercerita dua kerajaan antara kerajaan sihir Lucis dan kerajaan Niflheim. Kerajaan magis dan Lucis berperang sengit, di mana Raja Regis ( Sean Bean ) dari kerajaan sihir Lucis harus menurunkan para pasukan elit yang berjulukan Kingsglaive. Pasukan elit Kingsglaive ini memiliki sihir untuk melindungi Raja Regis serta kerajaan magis Lucis dari ancaman kerajaan Niflheim.

      

       Sumber :



No comments:

Post a Comment